Wednesday, May 22, 2019

Apa itu Google Search Console? Penjelasan, Kegunaan Serta Manfaatnya

| Wednesday, May 22, 2019
Apa itu Google Search Console? Penjelasan, Kegunaan Serta Manfaatnya

Pengertian Google Search Console (GSC)

  • Apa Google dapat menemukan situs saya?
  • Bagaimana indeks situs saya dan Bagaimana cara saya memperbaiki pengindeksan situs saya?
  • Seberapa sering situs saya muncul di Penelusuran Google? 
  • Kueri penelusuran mana yang menunjukkan situs saya? 
  • Seberapa sering pencari mengeklik permintaan itu?
  • Situs mana saja yang ditautkan ke situs saya (eksternal backlink)? 
  • Bagaimana saya mengetahui masalah-masalah situs saya terkait dengan pengindekan Google?
Google Search Console (GSC) mampu memberikan informasi untuk menjawab semua pertanyaan itu. Semua masalah yang berhubungan dengan pengindeksan Google, SEO Website, dan masalah-masalah website lainnya dapat ditemukan di Google Search Console. Platform ini sangat berguna untuk meningkatkan performa website.

Google Search Console adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah keberadaan situs di hasil Penelusuran Google.

Apakah jika saya tidak mendaftar Google Search Console maka situs website saya tidak akan ditampilkan di hasil penelusuran Google?

Tidak juga, meskipun teman-teman tidak mendaftar Google Search Console situs website teman-teman tetap ada kemungkinan untuk ditampilkan di hasil penelusuran Google. Hanya saja, dengan Google Search Console dapat membantu teman-teman untuk memahami dan meningkatkan cara Google melihat situs teman-teman. Sehingga teman-teman bisa meningkatkan performa situs Website teman-teman yang nantinya akan membuat lebih banyak pengunjung ke situs website teman-teman.


Fitur dan Laporan Google Search Console serta Kegunaanya

Memastikan bahwa Google dapat menemukan dan meng-crawl situs website

Google Search Console memberikan informasi kepada teman-teman tentang status website teman-teman di mesin pencari Google. Apakah Google dapat menemukan website teman-teman serta menampilkannya di hasil penelusuran Google.


Memperbaiki masalah pengindeksan dan meminta pengindeksan ulang untuk konten baru atau yang diperbarui

Google Search Console bisa digunakan untuk memperbaiki pengindeksan konten website teman-teman. Memberi tahu Google jika ada konten baru di situs website teman-teman atau jika ada pembaharuan konten. Sehingga Google akan melakukan pengindeksan ulang.


Melihat Data Traffic Penelusuran Google untuk Situs Website

Google Search Console memberikan laporan tentang seberapa sering situs muncul di hasil penelusuran Google, Kueri penelusuran apa yang memicu situs muncul di hasil penelusuran Google, Dan seberepa sering situs kita mendapatkan klik ketika situs kita muncul di hasil penelusuran Google, dan masih banyak lagi informasi tentang performa SEO situs kita.


Menerima Pemberitahuan Saat Google Menemukan Masalah di Website

Google Search Console akan memberitahu kita lewat Email jika Google menemukan masalah di website kita sperti masalah pengindeksan, spam, link error, dan masalah lainnya di website.


Menampilkan Informasi Situs Mana Saja yang Menaut ke Situs Kita

Google Search Console memberikan laporan tentang situs mana saja yang memiliki link ke situs kita. Informasi mengenai Eksternal Backlink ke situs kita.


Memecahkan Masalah Terkait AMP, Kegunaan Seluler, dan Fitur Penelusuran lainnya

Google Search Console memberikan laporan terkait performa situs kita. Seperti ketika di akses dengan device Mobile, Halaman AMP, dan masih banyak lagi lainnya.



Sedikit Gambaran atau Insight tentang Google Search Console (GSC)

  • Google Search Console, disebut juga GSC
  • Permata gratis dari Google
  • Dulu disebut Google Web Master Tool
  • Tidak sepopuler Google Analytics
  • Bisa dikonfigurasikan dengan Google Analytics
  • GSC adalah HUB untuk semua hal yang terkait dengan situs
  • GSC memungkinkan Anda untuk mengubah segala sesuatu dari data terstruktur  hingga masalah spam dan semua yang ada di antaranya.
  • GSC adalah alat yang harus dimiliki untuk setiap pemilik situs, tetapi seringkali diabaikan
  • GSC dapat memberikan beberapa hasil luar biasa bila digunakan dengan benar
  • GSC adalah salah satu sumber daya situs web gratis terlengkap
 Google Search Console dulu disebut sebagai Google Web Master Tool. Jadi kalau teman-teman sudah pernah menggunakan Google Web Master Tool pasti tidak akan asing lagi dengan fitur-fitur dari Google Search Console. Secara umum fungsi dan kegunaannya memang masih sama seperti Google Web Master Tool, hanya saja seiring berganti nama menjadi Google Search Console, ada perubahan yang lebih kompleks lagi. Dan penggunaanya juga lebih mudah dibanding dengan ketika masih Web Master Tool. Tampilannya lebih user friendly.

Google Search Console juga salah satu produk dari Google sama seperti Google Analytics. Tetapi memang tidak sepopuler Google Analytics. Banyak yang masih mengabaikannya. Sama seperti kasus Google Analytics, orang-orang masih cenderung mengabaikan Platform GRATISAN. Mereka cenderung lebih yakin dengan kinerja platform berbayar. Padahal GSC mampu memberikan hasil yang luar biasa jika digunakan dengan benar. Selain itu, Google Search Console juga mampu memberikan data yang sangat lengkap. Dan semua itu GRATIS.
 Google Search Console bisa dikonfigurasikan dengan Google Analytics. Jika teman-teman ingin mengonfigurasikannya, ada di menu "Acquisition" pada sub menu "Search Console" pada Google Analytics. Setelah di konfigurasikan dengan Google Analytics, teman-teman bisa membuka laporan Google Search Console langsung di Dashboard Google Analytics.

Dan yang paling saya suka dari Google Search Console ada fitur "Performance". Dengan fitur ini kita bisa mengecek sejauh mana SEO kita, persaingan SEO kita, dan sebagai acuan untuk memperbaiki SEO website.

Penasaran apa lagi yang mampu dilakukan Google Search Console? Lanjutkan membaca artikel di website ini, ada banyak artikel yang membahas Google Search Console.

Related Posts

No comments:

Post a Comment