Wednesday, May 22, 2019

Cara Memasang Tracking Google Analytics Lengkap Terbaru 2019

| Wednesday, May 22, 2019
Cara memasang tracking google analytics terlengkap 2019

Cara Memasang Tracking Google Analytics

Meskipun temen-temen telah berhasil membuat Akun Google Analytics, akan tetapi dashboard Google Analytics tidak akan menampilkan data apapun. Hal ini disebabkan karena untuk menggunakan Google Analytics bukan hanya sekedar cukup membuat akunnya saja. Masih ada tahap selanjutnya supaya Dashboard Google Analytics memberikan hasil laporan data.

Langkah selanjutnya adalah memasang tracking code Google Analytics di website temen-temen supaya dashboard Google Analytics bisa secepatnya mulai memberikan hasil laporan website.

Apa itu tracking code Google Analytics?

Tracking code Google Analytics script code yang kita dapatkan ketika membuat Akun Google Analytics. Ada 2 bagian dari tracking code Google Analytics yang bisa digunakan untuk mulai merekam data website. Pertama yaitu "Tracking ID", adalah kode unik untuk setiap property di Google Analytics. Tracking ID Google Analytics selalu diawali dengan huruf "UA-XXXXX-X". Huruf "X" mewakili digit angka untuk setiap property.

Yang kedua adalah "Global Site Tag (gtag.js)", script kode javascript yang digunakan sebagai Global Tag website temen-temen. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini,

Cara memasang tracking google analytics terlengkap 2019
1. Tracking ID
Inilah contoh Tracking ID Google Analytics. Tiap property memiliki tracking ID yang berbeda-beda.

2. Global Site Tag (gtag.js)
Contoh kode javascript Global Tag Google Analytics. Digunakan untuk memasang tracking Google Analytics secara manual.

Ada banyak cara memasang Tracking Code Google Analytics, bisa secara Manual dengan cara langsung memasang script Global Site Tag (gtag.js) ke dalam website Atau dengan bantuan pihak ketiga seperti Plugins. Jika teman-teman telah memasang Google Tag Manager (GTM) di website, teman-teman bisa juga memasang Tracking Google Analytics melalui GTM.

Cara Memasang Tracking Google Analytics di Blogger

Jika temen-temen pengguna Blogger, ada 2 macam cara memasang tracking Google Analytics. Yang pertama adalah dengan cara memasang Tracking ID Google Analytics langsung dari menu Blogger,

Cara memasang tracking Google Analytics di Blogger

Langkah-langkah memasang Tracking ID Google Analytics langsung di Menu Blogger,

  1. Dari Dashboard Blogger pilih Menu Setting >> Other
  2. Scroll kebawah, Google Analytics >> Analytics Web Property ID, masukan Tracking ID Google Analytics temen-temen. Cukup masukan Tracking ID saja, contoh: "UA-12234557-1".
  3. Selesai
Tracking Google Analytics telah berhasil temen-temen pasang di Blogger. Paling lama 2x24 jam dan Google Analytics siap memberikan laporan untuk temen-temen.


Yang kedua adalah memasang Tracking Google Analytics secara Manual di Blogger. Agak sedikit ribet jika dibandingkan dengan cara Otomatis dari settingan Blogger. Temen-temen tidak harus pintar coding, cukup sedikit paham saja. Karena kita akan memasang Global Site Tag (gtag.js) langsung ke dalam template Blog kita.

Langkah-langkah Memasang Global Site Tag (gtag.js) di Blogger


Cara memasang tracking Google Analytics di Blogger

  1. Dari menu dashboard Blogger pilih menu Theme
  2. Klik pada "Edit HTML"

Cara memasang tracking Google Analytics di Blogger

3. Copy script kode Global Tag (gtag.js) Google Analytics. Buka akun Google Analytics, pilih menu Admin atau logo "Gerigi" di sidebar kiri paling bawah. Pada kolom tab Property klik "<> Tracking Info" , Sub-menu Tracking Info akan terbuka lalu klik di "Tracking Code" .


4. Pastekan Script Global Tag (gtag.js) tepat di bawah kode <head> atau sebelum </head>. Lihat gambar diatas.
5. Klik Save Theme.


Cara Memasang Tracking Google Analytics di WordPress

Sama seperti pengguna Blogger, untuk pengguna WordPress juga ada 2 cara pemasangan Tracking Google Analytics, yaitu manual di file Header, atau dengan bantuan Plugins. Banyak plugin yang dapat digunakan untuk memasang Google Analytics, misalnya:
All In One SEO, MonsterInsights, Google Analytics By ShareThis, dan masih banyak lainnya.

Langkah-langkah Memasang Google Analytics di WordPress Tanpa Plugins

Cara memasang Tracking Google Analytics di WordPress tanpa Plugins

  • Masuk Dashboard WordPress teman-teman dan arahkan ke menu Tampilan >> Editor. Pilih file "header.php" di sebelah kanan di bawah bagian file Tema.
Cara memasang Tracking Google Analytics di WordPress tanpa Plugins

  • Buka Akun Google Analytics, lalu pilih menu "Admin" atau gambar gerigi di sidebar kiri bawah.
  • Pada kolom tab Property klik "<> Tracking Info" , Sub-menu Tracking Info akan terbuka lalu klik di "Tracking Code" .
  • Copy script yang ada di Website Tracking Global Site Tag (gtag.js) seperti gambar di atas.
  • Sampai disini teman-teman sudah mendapatkan script kode Global Tag yang akan kita pasang ke dalam website WordPress teman-teman.
 
Cara memasang Tracking Google Analytics di WordPress tanpa Plugins


  • Selanjutnya kembali lagi ke Dashboard WordPress tadi, lalu paste script Global Tag di dalam file Header.php, di dalam tag <head>, sebelum tag </head>.
  • Kemudian klik tombol "file update".
  • Selamat, teman-teman baru saja memasang tracking Google Analytics di WordPress tanpa bantuan Plugins

Langkah-langkah Memasang Tracking Google Analytics di WordPress dengan Bantuan Plugins

Jika teman-teman tidak terlalu paham dengan script koding atau bahasa pemrograman, teman-teman bisa menggunakan bantuan plugin. Banyak sekali plugin yang memberikan kemudahan dalam pemasangan tracking Google Analytics di WordPress. Teman-teman bisa memasang tracking kode dengan mudah tanpa melakukan modifikasi script secara manual.

Salah satu plugin yang bisa teman-teman gunakan adalah plugin Analytics By ShareThis. Sangat mudah memasang tracking Google Analytics dengan plugin ini. Berikut akan saya berikan langkah-langkahnya,
  • Login ke dashboard WordPress. Lalu pilih menu Plugins >> Add New
Cara memasang Tracking Google Analytics di WordPress dengan Plugins

  • Pada kolom pencarian ketikan Google Analytics.
Cara memasang Tracking Google Analytics di WordPress dengan Plugins

  • Pilih plugin Analytics By ShareThis, klik install
  • Setelah instalasi plugin selesai dan plugin telah diaktifkan, masuk menu "Settings" pada plugin, pilih Google Analytics
Cara memasang Tracking Google Analytics di WordPress dengan Plugins

  • Kembali seperti sebelumnya, buka akun Google Analytics, sidebar menu "Admin" >> Tab Property klik "<> Tracking info" dan pilih "Tracking Code". Akan tetapi kali ini berbeda dengan cara pasang kode manual. Kali ini yang dikopi adalah cukup "Tracking ID" saja, bukan Global Site Tagnya. Tracking ID selalu diawali dengan karakter "UA-digit nomer"
Cara memasang Tracking Google Analytics di WordPress dengan Plugins

  • Setelah teman-teman copy Tracking ID, paste di kolom "Web Property ID:" pada plugin tadi, dan klik tombol "Save Changes"
  • Sekarang tracking kode sudah berhasil ditambahkan ke dalam situs WordPress teman-teman
Plugin Google Analytics By ShareThis hanyalah sebagai contoh saja, teman-teman tidak harus menggunakan plugin ini. Ada banyak plugin yang bisa teman-teman gunakan. Jika teman-teman memasang plugin yang mendukung Google Authorship seperti plugin "All in One SEO", teman-teman juga bisa memasang tracking Google Analytics di dalamnya.

Note :
Memasang tracking Google Analytics menggunakan plugin memang sangatlah mudah, akan tetapi ini kami sarankan jika situs WordPress Anda belum terlalu banyak plugin yang terinstal. Terlalu banyak plugin yang Anda instal akan berefek pada situs menjadi berat. Bijaklah dalam memilih plugin, instal plugin seperlunya saja. Lagipula ini hanya tentang memasang sedikit kode saja, tidak lebih. Dengan memasang kode secara manual pun juga akan tetap mendapatkan hasil laporan yang sama di dashboard Google Analytics.
Tetapi memasang kode secara manual selain lebih sedikit ribet juga memiliki kelemahan lain, ketika Anda mengganti Tema website Anda dengan tema yang lain, maka kode Google Analytics akan hilang dan Anda harus memasangnya lagi.
Baik secara manual ataupun menggunkan plugin keduanya tetap memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bagaimana jika saya bukan pengguna WordPress atau Blogger, Bagaimana jika saya menggunakan CMS lainnya, atau bahkan tanpa CMS??

Teman-teman tetap bisa memasang Tracking Google Analytics. Intinya, untuk memasang tracking Google Analytics ialah menyisipkan script kode Global Tag (gtag.js) di bawah <head> atau sebelum </head>.

Selanjutnya silahkan teman-teman periksa pada dashboard Google Analytics. Klik menu sidebar "Home" dan menu "Real-Time". Jika salah satu menu tersebut sudah menunjukan angka atau grafik, maka Google Analytics sudah mulai merekam pengunjung website teman-teman. Dan jika kedua sidebar menu tersebut masih belum terisi data, maka tunggu hingga 2x24 jam.

Jika dalam 2x24 jam Dashboard Analytics teman-teman masih belum menunjukan rekaman pengunjung website, maka pemasangan tracking Google Analytics belum terpasang dengan benar di dilam situs website teman-teman. Jika itu terjadi, silahkan periksa kembali pemasangan tracking Google Analyticnya. Pastikan teman-teman sudah mengikuti langkah-langkah diatas.

Pada masa-masa awal setelah pemasangan tracking, teman-teman belum bisa mengambil Analisa dari Dashboard Google Analytics. Untuk beberapa informasi memang sudah ditampilkan, namun belum semua menu memberikan informasi statistik tentang website teman-teman. Ini dikarenakan jumlah pengunjung yang terekam belum cukup banyak. Minimal biarkan 3-4 hari baru data teman-teman mulai bisa dikatakan akurat untuk diambil analisa.

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, Google Analytics ini adalah platform pintar. Akan tetapi tetap saja Google Analytics itu adalah sebuah sistem yang tidak bisa membaca pikiran orang. Jadi semua tergantung dengan bagaimana teman-teman memanfaatkan fitur-fitur canggihnya untuk memberikan informasi yang teman-teman butuhkan. Untuk itu akan saya jelaskan bagaimana cara membaca dan menggunakan fitur Google Analytics. So, lanjutkan membaca artikel lainnya di website ini dan teman-teman akan menguasai Google Analytics.

Related Posts

No comments:

Post a Comment