Saturday, May 25, 2019

Apa itu Google Tag Manager? Penjelasan Lengkap Mengenai Google Tag Manager

| Saturday, May 25, 2019

Apa itu Google Tag Manager?

Google Tag Manager adalah sistem pengelolaan tag yang memungkinkan Anda dengan cepat dan mudah memperbarui kode pelacakan dan fragmen kode terkait yang secara keseluruhan dikenal sebagai "tag" di situs atau aplikasi seluler Anda.

Itu yang akan teman-teman temukan kalau mencari tentang pengertian Google Tag Manager di mesin pencari Google. Jujur sebenarnya agak susah juga buat saya menjelaskan tentang Google Tag Manager ini. Karena di dunia digital tidak semua itu bisa di jelaskan melalui tulisan atau kata-kata, kadang kita harus mencobanya langsung dan dengan sendirinya kita akan paham. Ini juga yang saya alami ketika mempelajari sesuatu yang baru dan saya belajar hanya melalui tulisan artikel-artikel di internet. Awalnya memang saya malah menjadi bingung dengan penjelasan-penjelasan dan istilah-istilah baru yang ada di artikel. Akan tetapi, ketika saya langsung mencobanya perlahan saya mulai paham dengan apa yang dijelaskan di artikel. "Learning by doing", ya itu memang benar-benar fakta ketika teman-teman belajar hanya melalui otodidak dari artikel-artikel di internet.

Akan tetapi, disini saya akan mencoba menjelaskan sejelas mungkin kepada teman-teman. Tapi tetap saja teman-teman harus langsung mencobanya. Praktekan, bukan hanya teori di kepala. Tanpa tindakan sebanyak apapun teori yang teman-teman dapatkan itu tidak akan berguna. Oke langsung saja!




Apa itu Tag?

Yang dimaksud Tag disini adalah potongan script code yang akan dipasang ke dalam website atau aplikasi seluler. Tag adalah segmen kode yang disediakan oleh vendor analisis, pemasaran, atau dukungan untuk membantu teman-teman mengintegrasikan produk mereka ke dalam situs atau aplikasi seluler teman-teman. Biasanya Tag dalam bentuk script kode javascript. Salah satu contoh Tag adalah Global Site Tag (gtag.js). Syarat sebuah Tag akan aktif adalah adanya Triggers yang memicunya terlebih dahulu. Nah, makin bingun kan? ada istilah baru lagi yaitu "Triggers".

Tag paling umum digunakan sebagai tracking bisnis secara online atau melalui website. Hampir mirip dengan "Event". Bisa juga kita katakan kalau Tag itu adalah Event yang sediakan oleh vendor analisis, pemasaran, atau dukungan dari produk di luar website kedalam situs atau aplikasi seluler teman-teman.




Apa itu Triggers?

Kalau teman-teman adalah seorang web developer tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Triggers. Tapi bagaimana untuk teman-teman yang tidak terbiasa dengan programming, tenang saja saya akan menjelaskannya secara detail.

Kalau tidak salah di dalam sains Fisika itu ada yang namanya "Hukum Aksi Reaksi". Tag dan Triggers sama persis seperti Aksi dan Reaksi. Ketika ada Aksi yaitu Triggers akan memicu Reaksi. Disini Tag adalah sebagai Reaksi. Jadi Tag akan aktif kalau sudah dipicu oleh Triggers. Semua Tag pasti memiliki Triggers.

Sampai disini teman-teman semakin bingung atau semakin tertarik untuk mempelajari Google Tag Manager?



Pengertian Google Tag Manager (GTM)

Google Tag Manager adalah sistem pengelolaan tag yang memungkinkan Anda dengan cepat dan mudah memperbarui kode pelacakan dan fragmen kode terkait yang secara keseluruhan dikenal sebagai "tag" di situs atau aplikasi seluler teman-teman.

Intinya Google Tag Manager adalah salah satu produk Google yang berfungsi untuk memudahkan pemasangan Tag di Website atau Aplikasi seluler.



Manfaat Menggunakan Google Tag Manager

Dengan menggunakan Google Tag Manager (GTM) pemasangan Tag tidak perlu langsung di halaman HTML website, tetapi cukup di platform Google Tag Manager saja. Pemasangan Tag menjadi sangat mudah dengan adanya Google Tag Manager, tidak perlu harus paham dengan bahasa pemrograman.

Jadi ketika teman-teman akan memasang Tag ke dalam situs website teman-teman, tidak perlu langsung ke Cpanel, tidak perlu custom template, tidak perlu langsung menyisipkan script code ke template website teman-teman. Tetapi cukup di Platform Google Tag Manager saja. Ini tentu sangat membantu kita.

Boleh saja kalau saat ini teman-teman mengabaikan Google Tag Manager, tetapi jika nanti situs teman-teman semakin besar, atau ketika teman-teman memiliki kerja sama dengan Vendor yang besar saya jamin teman-teman pasti akan sangat membutuhkan Google Tag Manager.

Sama seperti Google Analytics, Google Tag Manager juga mampu mengoptimalkan bisnis secara online atau melalui situs website.




Keuntungan Menggunakan Google Tag Manager

  • Pemasangan Tag menjadi sangat mudah
  • Ketika banyak Tag yang kita pasang tidak akan mempengaruhi kecepatan website, karena script ada di Google Tag Manager.
  • Bisa Custom Tag dengan mudah
  • Tracking lebih kompleks
  • Resiko error template dapat diminimalisir
  • Dan masih banyak lagi keuntungan lainnya


Contoh Penggunaan Google Tag Manager Paling Umum


Bagaimana, sangat menarik bukan Google Tag Manager? simak artikel saya lainnya dan Anda akan menguasai semua yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Digital Analyst. Dan semua ini saya berikan secara GRATIS.

Related Posts

No comments:

Post a Comment