Tuesday, May 21, 2019

Cara Membuat Akun Google Analytics

| Tuesday, May 21, 2019
Cara Membuat Akun Google Analytics

 

Cara Membuat Akun Google Analytics

Setelah sebelumnya kita tahu apa Kegunaan Google Analytics, kali ini kita akan membahas tentang Cara Membuat Akun Google Analytics. Sebelum kita bisa mulai menggunakan Google Analytics, kita harus membuat akun Google Analytics terlebih dahulu untuk mendapatkan Tracking Code Google Analytics yang nantinya akan kita pasang di website kita. Mendaftar akun Google Analytics sangat mudah. Syarat utama untuk bisa mendaftar adalah harus memiliki akun Google. Temen-temen harus mempunyai akun Gmail. Jika temen-temen belum punya akun Gmail, silahkan buat akun Gmail terlebih dahulu.

Langsung saja kita mulai pembahasan Cara Membuat Akun Google Analytics, tahap-tahap lengkap dengan screen shot gambar.



Cara Membuat Akun Google Analytics

Kunjingi Halaman Utama Google Analytics

Silahkan masuk halaman utama Google Analytics atau kunjungi link https://analytics.google.com. Kemudian pilih Sign Up untuk mendaftar.


Cara Membuat Akun Google Analytics

Login Akun Google

Temen-temen akan diarahkan ke halaman login akun Google seperti gambar di atas. Silahkan masukan akun Gmail temen-temen. Jika temen-temen belum mempunyai akun Gmail atau ingin menggunakan akun Gmail baru untuk mendaftar akun Google Analytics, silahkan pilih create account atau buat akun baru.



Form Membuat Akun Google Analytics

Form Akun Google Analytics

Lengkapi semua informasi yang dibutuhkan untuk membuat akun Google Analytics. Lihat pada gambar diatas. Berikut penjelasannya,

1. Pilihan Property

Pilihan property yang akan temen-temen daftarkan ke Google Analytics, Website atau Aplikasi Mobile. Karena yang akan kita daftarkan adalah Website, maka klik pada tombol "Website".

2. Account Name

Nama Akun Google Analytic temen-temen. Terserah temen-temen akan memberi nama apa. 1 Akun bisa berisi lebih dari 1 tracking ID, maksimal 50. Maksudnya 1 Akun Google Analytic bisa mendaftarkan hingga 50 tracking ID. Jika temen-temen memiliki lebih dari 1 website dan akan mendaftarkan semuanya, temen-temen bisa mendaftarkan di akun yang sama, tetapi tracking ID dan URL situs tetap akan berbeda. 1 Akun Google Analytics Multi Property.

3. Website Name

Isi dengan nama website temen-temen.

4. Website URL

Isi dengan url website temen-temen. Jangan lupa untuk mengganti protokol ke https:// jika situs temen-temen mendukung atau bisa diakses menggunakan https://, jika situs temen-temen hanya bisa diakses dengan protokol http:// saja maka pilih protokol http://.


Form Membuat Akun Google Analytics 

5. Industry Category

Pilih kategori yang berhubungan dengan tema konten website temen-temen. Pilih kategori yang paling mendekati dengan teman website temen-temen.

6. Reporting Time Zone

Zona waktu yang ingin temen-temen gunakan di dalam laporan Google Analytics. Supaya tidak terjadi masalah selisih waktu dalam laporan tracking Google Analytics pilih negara Indonesia dan sesuaikan zona waktu temen-temen, WIB, WITA, atau WIT.


Form Membuat Akun Google Analytics

7. Get Tracking ID

Jika semua informasi sudah dilengkapi, klik tombol "Get Tracking ID". Jangan lupa untuk memastikan semua informasi telah benar-benar temen-temen lengkapi.



Halaman Persetujuan Membuat Akun Google Analytics

Google Analytics Terms of Service Agreement

Selanjutnya temen-temen akan diarahkan ke halaman layanan persetujuan. Silahkan centang kedua kolom checklistnya. Tidak usah khawatir ini akan berefek buruk untuk situs temen-temen. Google Analytic adalah Platform resmi dari Google. Untuk kolom checklist persetujuan pertama berisi tentang Persyaratan Pemrosesan Data Iklan Google yang dimaksudkan untuk bisnis yang didirikan di wilayah negara anggota Wilayah Ekonomi Eropa (EEA) atau Swiss, atau yang karena alasan lain tunduk pada ruang lingkup teritorial dari Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR) ). Untuk lebih jelasnya temen-temen bisa klik link berikut https://support.google.com/analytics/answer/3379636?hl=en&utm_id=ad

Dan untuk kolom kedua berisi tentang persetujuan Anda tentang syarat Controller. Tidak akan ada efek negatif ke website temen-temen.

Jika temen-temen sudah mengisi kedua checklistnya, silahkan klik “I Accept”.



Tracking Code Google Analytics

 Tracking Code Google Analytics

Selamat, temen-temen baru saja membuat akun Google Analytics. Halaman yang ditampilkan setelah kita membuat akun Google Analytics adalah halaman Tracking Code Google Analytics. Lihat gambar diatas, nomer 1 dan 2 adalah tracking code Google Analytics yang selanjutya di pasang di website temen-temen.


Sampai sini kita baru selesai membuat akun Google Analytics. Selanjutnya adalah Cara Memasang Tracking Code Google Analytics ke dalam website.

Related Posts

No comments:

Post a Comment