Tuesday, May 21, 2019

Kegunaan Google Analytics untuk Pemilik Website

| Tuesday, May 21, 2019

Setelah kita tahu Apa itu Google Analytics dan Alasan Kenapa Harus Google Analytics, kali ini kita akan membahas mengenai Kegunaan Google Analytics untuk Pemilik Website. Sebenarnya bukan hanya untuk pemilik website saja, tetapi juga untuk semua pihak yang membutuhkan hasil Analisa dari situs website atau bisnis onlinenya.

Apa sih Kegunaan Google Analytics?

Bicara mengenai kegunaan Google Analytics, sama seperti ketika pembahasan Alasan kenapa harus Google Analytics. Jawabannya ialah, ada banyak sekali kegunaan atau manfaat Google Analytics untuk kita. Tidak mungkin saya mendifinisikan satu persatu kegunaannya. Semua itu tergantung dari segi mana temen-temen memandangnya. Apa yang temen-temen butuhkan dari Google Analytics, karena hampir semua masalah terkait website dapat Google Analytics berikan datanya.

Bukan hanya Counter Stat atau Tools Penghitung Kunjungan Website Belaka

Google Analytics bukan hanya untuk melihat jumlah pengunjung di website saja. Memang tidak dapat dipungkiri, banyak sekali orang-orang yang menggunakan Google Analytics hanya untuk mengetahui jumlah pengunjung websitenya. Atau mungkin diantara temen-temen juga ada yang hanya menggunakan Google Analytics untuk melihat jumlah pengunjung website saja  juga?

Buat temen-temen yang sebelumnya menggunakan Google Analytics hanya untuk melihat kunjungan saja, semoga setelah selesai membaca artikel ini nanti akan lebih tertarik lagi untuk mempelajari fitur-fitur lain Google Analytics. Dan mampu membaca data serta mengambil Analisa yang tepat berdasarkan informasi laporan dari Google Analytics.

Berikut beberapa contoh kegunaan Google Analytics secara umum,

Google Analytics untuk Melihat Jumlah Pengunjung (Visitor) Website

Google Analytics memberikan laporan jumlah pengunjung website. Temen-temen bisa melihat kunjungan harian, mingguan, bulanan, atau kustom tanggal sesuai kebutuhan.

Google Analytics untuk Mengamati Pengunjung Website Secara Real-time

Google Analytics mampu memberikan laporan kunjungan yang sedang berlangsung atau secara real-time di dalam situs website.

Google Analytics untuk Melihat Sumber Pengunjung Website

Google Analytics memberikan laporan sumber pengunjung. Dari mana pengunjung bisa sampai ke website. Apakah itu dari pencarian Google, Social Media, Referal, dan lainnya.

Google Analytics untuk Melihat Query Penelusuran Pengunjung

Google Analytics mampu memberikan laporan dari query penelusuran pengguna yang memicu website tampil di halaman hasil pencarian Google (SERP). Query penelusuran adalah kata atau kalimat yang dimasukan pengunjung di mesin pencari.

Google Analytics untuk Melihat Karakteristik Pengunjung Website

Google Analytics mampu memberikan laporan mengenai karakteristik dari pengguna website. Orang-orang seperti apa yang mengunjungi website. Mulai dari laporan demografis (gender, usia), laporan Geografis (lokasi), hingga laporan device, interest dan masih banyak lagi yang mampu  diberikan laporannya.

Google Analytics untuk Optimasi SEO

Banyak sekali fitur-fitur dari Google Analytics yang bisa digunakan untuk meningkatkan SEO situs website temen-temen. Kecepatan load, tampilan ketika diakses dengan device resolusi tertentu, query penelusuran merupakan beberapa contoh laporan yang bisa digunakan untuk optimasi SEO.

Google Analytics untuk Melihat Kunjungan Perhalaman

Bukan hanya laporan pengunjung secara total saja, tetapi kunjungan per halaman postingan website juga mampu Google Analytics berikan laporannya.

Google Analytics untuk Melihat Rasio Pentalan (Bounce Rate) Perhalaman Website

Google Analytics memberikan laporan spesifik mengenai rasio pengunjung keluar di halaman website.

Google Analytics untuk Melihat Aktivitas Pengunjung di Website

Google Analytics memberikan laporan mengenai aktivitas atau perilaku pengunjung di dalam website. Semua kegiatan pengunjung direkam oleh Google Analytics.


Itu semua hanya contoh sederhana dari kegunaan Google Analytics. Masih banyak sekali kegunaan-kegunaan lain dari Google Analsytics. Seperti yang saya bilang sebelumnya, Google Analytics mampu memberikan semua laporan yang saya butuhkan untuk menganalisa dan mengoptimasi website.

Apakah temen-temen tertarik untuk menguasi Google Analytics? Nantikan postingan saya selanjutnya.

Untuk selanjutnya saya akan membahas tentang cara membuat Akun Google Analytics dan Cara Memasang Tracking Google Analytics ke dalam Website.

Related Posts

No comments:

Post a Comment