Monday, May 27, 2019

Langkah-langkah Serta Penjelasan Lengkap Cara Membuat Akun Google Tag Manager

| Monday, May 27, 2019

Cara Membuat Akun Google Tag Manager


Setelah kita tahu Apa itu Google Tag Manager secara lengkap dan jelas beserta atribut-atributnya, seperti Tag, Triggers, dan manfaat serta kegunaanya kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat akun Google Tag Manager itu sendiri. Sama seperti Google Analytics, sebelum kita bisa menggunakan Google Tag Manager terlebih dahulu kita harus membuat akunnya untuk mendapatkan script code yang akan kita pasang di website. Langsung saja berikut langkah-langkah serta penjelasan lengkap membuat akun Google Tag Manager,




Cara Membuat Akun Google Tag Manager

  • Jika browser teman-teman belum konek dengan akun Gmail silahkan Login terlebih dahulu, atau membuat akun Gmail jika teman-teman belum memilikinya.


Cara Membuat Akun Google Tag Manager


  • Halaman Utama Google Tag Manager akan terbuka. Silahkan pilih "Buat Akun"


Cara Membuat Akun Google Tag Manager


  • Lengkapi semua formnya,
  1. Nama Akun : Isi dengan nama Akun teman-teman, contoh bisa nama perusahaan
  2. Negara : Pilih Indonesia
  3. Centang jika teman-teman ingin membagikan data dengan pihak lain, jika tidak biarkan tetap kosong
  4. Nama Container atau Penampung : Isikan website teman-teman tanpa protokol http:// atau https://, contoh : www.situssaya.com
  5. Tempat Penampung : Pilih Website karena kita akan memasangnya di dalam website
  6. Klik "Buat"


Cara Membuat Akun Google Tag Manager


  • Halaman Persetujuan, centang pada kolom checklist persetujuan teman-teman. Tenang saja Google Tag Manager adalah produk resmi dari Google dari sudah terjamin aman.


Script Code Pemasangan Google Tag Manager

  • Script Pemasangan Google Tag Manager

Sampai sini teman-teman telah berhasil membuat akun Google Tag Manager. Akan tetapi kita harus memasang script Google Tag Manager ini ke dalam website dulu sebelum bisa menggunakannya. Script harus dipasang di semua halaman website teman-teman. Untuk script yang bagian atas dipasang di dalam <head> atau sebelum </head> di semua halaman website teman-teman. Sedangkan script yang kedua dipasang di dalam tag <body> di semua halaman website teman-teman. Setelah semua script code terpasang di dalam website teman-teman, baru bisa menggunakan Google Tag Manager dan langsung bisa memulai untuk membuat Tag, Triggers, serta mencoba memanfaatkan custom trackingnya.


Untuk cara pemasangannya ke dalam website akan saya bahas lengkap mulai dari Cara Pemasangan di Blogger, Cara Pemasangan di WordPress, ataupun Cara Pemasangan Langsung di Cpanel teman-teman.

Silahkan lanjutkan untuk membaca semua artikel di website ini. Semua yang teman-teman butuhkan untuk menjadi seorang Digital Analyst yang handal akan tersedia lengkap dan GRATIS disini. Saya hanya minta bantuan Share semua artikel di website ini sebagai bentuk dukungan teman-teman untuk saya melanjutkan semua pembahasannya. Mari kita bagikan ilmu yang bermanfaat ini.

Silahkan teman-teman mulai untuk mencobanya, jika ada yang kurang jelas atau pertanyaan-pertanyaan lain terkait Digital Analyst, tinggalkan di kolom komentar atau bisa langsung menghubungi saya, dengan senang hati akan saya bantu.

Related Posts

No comments:

Post a Comment