Saturday, June 15, 2019

Penjelasan Serta Kegunaan Side-Bar Menu Google Analytics Beserta Contohnya

| Saturday, June 15, 2019
Setelah teman-teman paham tentang apa itu Google Analytics, cara membuat Akun, dan cara memasang tracking kodenya, sekarang tinggal cara membaca laporan dan menggunakan Google Analytics. Berikut penjelasan mengenai menu-menu utama di Dashboard Google Analytics.



Penjelasan Serta Kegunaan Side-Bar Menu Google Analytics Beserta Contohnya
side-bar menu Google Analytics


Home

Home berisi ringkasan laporan-laporan dari menu-menu Google Analytics lainnya. Semua ringkasan dari laporan side menu lainnya ditampilkan di menu "Home". Tapi hanya ringkasannya saja, tidak spesifik. Teman-teman bisa menggunakan menu home sebagai titik awal untuk penyelidikan lebih mendalam terhadap data teman-teman. Di menu home, teman-teman bisa melihat data tentang apa yang bermasalah atau ingin teman-teman temukan informasinya lebih detail lagi. Setelah teman-teman menemukannya tinggal menuju pada menu yang menampilkan informasi lebih spesifik dan detail tentang data tersebut.
Contoh, misalnya di menu home teman-teman menemukan data tentang sumber pengunjung terbesar atau terendah ke website teman-teman dan teman-teman ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang data itu jadi teman-teman bisa langsung masuk ke menu Acquisition.

Seperti itulah penjelasan mengenai menu home yang bisa teman-teman gunakan sebagai titik awal ringkasan semua informasi statistik website.



Customization

Menu ini digunakan untuk membuat custom laporan sendiri sesuai kebutuhan teman-teman. Misalnya, teman-teman ingin melihat jumlah kunjungan tiap halaman website. Memang di menu Behavior >> Site-Content sudah ada informasi laporan kunjungan tiap halaman, hanya saja itu berdasarkan tampilan halaman, bukan berdasarkan jumlah pengunjungnya. Dan disini teman-teman menginginkan informasi mengenai jumlah kunjungan per halaman berdasarkan orang yang berkunjung, bukan berdasarkan tampilan halaman ataupun session. Dan teman-teman bisa menggunakan menu Customization untuk mendapatkan informasinya. Jadi teman-teman custom sendiri parameternya. Teman-teman atur metric dan dimension sesuai kebutuhan teman-teman.

Jadi menu customization digunakan untuk membuat laporan dengan metric dan dimension sesuai kebutuhan teman-teman.



Realtime

Menu ini menunjukan informasi secara realtime atau yang sedang berlangsung di dalam website. Jadi ketika teman-teman membukanya akan menampilkan informasi website pada saat itu juga. Jumlah pengunjung yang sedang mengakses website teman-teman, halaman yang sedang diakses, durasi kunjungan, sumber dan lokasi mengenai orang-orang yang sedang aktif berinteraksi denga website teman-teman.

Menu Realtime hanya memberikan informasi mengenai orang-orang yang sedang aktif di website pada saat itu juga.



Audience

Menu yang memberikan informasi mengenai karakteristik pengunjung website. Banyak sekali informasi tentang pengunjung yang bisa teman-teman dapatkan di menu ini. Orang-orang seperti apa yang berkunjung ke website teman-teman. Contoh paling umum pemanfaatan menu ini adalah untuk menganalisa niche website, dengan menu ini teman-teman bisa menganalisa apakah orang yang berkunjung ke dalam website teman-teman sudah sesuai dengan niche atau target market teman-teman atau belum.



Acquisition

Menu ini berisi informasi mengenai cara teman-teman mendapatkan pengunjung website, sumber pengunjung, dan menu ini juga mencakup laporan periklanan website teman-teman. Iklan yang dimaksud disini adalah iklan Google (Google Ads), tidak untuk laporan iklan lainnya seperti facebook ads, twitter ads, atau yang lainnya.

Contoh kegunaan menu ini adalah untuk mengukur sejauh mana performa SEO On Page dan SEO Off Page teman-teman. Untuk SEO Off page bisa teman-teman ukur seberapa banyak sumbangan kunjungan website yang bukan dari sumber organic.

Bukan hanya itu saja, ada banyak sekali manfaat yang bisa teman-teman dapatkan dengan menu ini. Saya akan membahas tentang menu ini di artikel lainnya.



Behavior

Menu umumnya ini memberikan informasi mengenai perilaku pengunjung di dalam website, tapi bukan itu saja, menu ini juga memberikan informasi internal website teman-teman seperti informasi kecepatan loading tiap halaman, kunjungan tiap halaman, dan masih banyak lagi lainnya. Jika teman-teman memasang Google Adsense di website, teman-teman juga bisa membuka laporan Google Adsense di menu ini dengan syarat Akun Google Analytics sudah dikonfigurasikan dengan akun Google Adsense teman-teman terlebih dahulu.



Conversions

Menu ini akan memberikan laporan jika teman-teman telah membuat Goal di Akun Google Analytics teman-teman. Menu ini akan memberikan informasi pencapaian Goal website teman-teman. Alur yang dilalui pengunjung hingga mencapai Goal bisa teman-teman lihat dengan menu ini. Jika teman-teman belum membuat Goal di Akun Google Analytics maka menu ini tidak akan memberikan informasi apapun. Lebih lengkapnya tentang apa itu Goal, cara membuatnya, dan pemanfaatan menu ini lebih lengkapnya akan saya bahas di artikel lainnya.



Discover

Menu ini memberikan informasi tentang layanan-layanan atau platform-platform Google lainnya.



Admin

Menu pengaturan dan konfigurasi akun Google Analytics. Konfigurasi dengan platform-platform Google lainnya bisa teman-teman atur di menu ini juga, seperti Google Ads, Google Search Console, Google Adsense dan lainnya. Untuk membuat Goal di akun Google Analytics juga menggunakan menu Admin. Management user akun Google Analytics dan masih banyak pengaturan-pengaturan dan konfigurasi lainnya.



Demikian adalah penjelasan mengenai menu-menu utama di dashboard Google Analytics. Disini saya hanya menggambarkan tiap menu secara dasar atau umumnya saja. Lebih jauh lagi untuk pembahasan tiap menunya akan saya bahas di artikel lainnya. Saya akan mengupas tuntas setiap menu dan sub-menunya dan semua itu GRATIS.

Related Posts

No comments:

Post a Comment