Wednesday, June 12, 2019

Kapan Kita Bisa Memulai Analisa Laporan Google Analytics?

| Wednesday, June 12, 2019
Analisa Laporan Dashboard Google Analytics
Kapan Kita Bisa Memulai Analisa Laporan Google Analytics?

Setelah kita memasang Global Site Tag (gtag.js) Google Analytics ke dalam semua halaman website apakah kita bisa langsung mendapatkan laporan statistik kunjungan website? Apakah kita bisa langsung membuat analisa tentang website kita?

Setelah teman-teman berhasil memasang tracking Google Analytics di semua halaman website teman-teman, tahap selanjutnya adalah memastikan pemasangan Global Site Tag di dalam website sudah benar dan Google Analytics sudah mulai melakukan rekaman terhadap statistik website. Teman-teman bisa membaca artikel ini "Cara Mengatasi Google Analytics yang Tidak Berfungsi atau Tidak Memberikan Laporan", di dalam artikel itu sudah saya jelaskan secara lengkap cara pengecekan tracking Google Analytics di semua halaman website serta cara mengatasi jika ternyata Google Analytics teman-teman masih belum memberikan laporan statistik website.

Dan juga meskipun teman-teman sudah memastikan semua halaman website sudah terpasang tracking Google Analytics dengan benar, tetap saja teman-teman masih belum bisa mengambil analisa dari laporan statistik website teman-teman. Pada masa-masa awal setelah pemasangan tracking, teman-teman belum bisa mengambil Analisa dari laporan Dashboard Google Analytics. Untuk beberapa informasi memang sudah ditampilkan, namun belum semua menu memberikan informasi statistik tentang website Anda. Ini dikarenakan jumlah pengunjung yang terekam belum cukup banyak. Meskipun Google Analytics ini adalah platform pintar, tetapi tetap saja butuh waktu untuk kita bisa mulai menggunakan semua fiturnya.

Ingat, Dashboard Google Analytics akan memberikan laporan statistik website sejak dari pemasangan tracking Google Analytics di dalam website. Jadi Google Analytics tidak bisa memberikan laporan history kunjungan website sebelum dipasang tracking. Google Analytics akan mulai merekam statistik website semenjak pemasangan tracking di website. Pada awal pemasangan memang sudah bisa digunakan untuk sekedar melihat kunjungan website teman-teman. Akan tetapi untuk membuat analisa minimal biarkan sampai 2 minggu - 1 bulan, ini benar-benar akan menggambarkan kondisi website teman-teman. Jika masih dalam hitungan hari itu bisa dikatakan laporan sudah mewakili kondisi website teman-teman secara nyata.

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, Google Analytics ini adalah platform pintar. Akan tetapi tetap saja Google Analytics itu adalah sebuah sistem yang tidak bisa membaca pikiran kita. Jadi semua tergantung dengan bagaimana kita memanfaatkan fitur-fitur canggihnya untuk memberikan informasi yang kita butuhkan. Untuk itu diperlukan pemahaman terhadap isi laporan dan semua fitur dalam Dashboard Google Analytics.

Kita juga harus menggunakan Google Analytics secara konsisten. Kita tidak dapat menggunakannya sebulan sekali dan menggunakan informasi itu untuk membuat keputusan terhadap langkah yang akan diambil. Pahami benar-benar kondisi website kita, pantau kinerjanya secara rutin dan konsisten.

Google Analytics memang platform GRATISAN dari Google, akan tetapi Google Analytics mampu memberikan hasil yang luar bisa terhadap performa website kita. Ini semua bagaimana  kita menggunakannya. Jika kita hanya memilih semua filter dan meninjau laporan secara singkat, itu tidak akan membantu kita. Ini sama saja seperti kita diberikan smartphone canggih secara gratis tetapi kita hanya menggunakannya untuk telepon dan sms saja. Jangan sampai teman-teman menyia-nyiakan pemberian GRATIS dengan fitur yang sangat canggih ini.

Faktanya, seperti yang pernah saya sampaikan di artikel "Kegunaan Google Analytics untuk Pemilik Website" kebanyakan orang menggunakan Google Analytics hanya untuk mengetahui jumlah pengunjung websitenya saja. Dan saya sangat berharap teman-teman tidak akan menjadi bagian dari mereka. Bukannya menyia-nyiakan sesuatu itu hal yang sangat merugikan?



Analisa Laporan Dashboard Google Analytics
Kapan Kita Bisa Memulai Analisa Laporan Google Analytics?

Inti nya? Jangan takut untuk menggali jauh ke dalam data. Pahami dan maksimalkan semua laporan yang mampu diberikan Google Analytics. Manfaatkan semua fitur canggih yang ada di Google Analytics. Ini memang tidak mudah, tetapi jika teman-teman benar-benar mampu menguasai Google Analytics ada banyak sekali keuntungan yang akan teman-teman rasakan. Dan disini saya akan membantu teman-teman semua untuk belajar sampai bisa menguasai Google Analytics.

Jadi lanjutkan membaca semua materi yang ada di blog ini, maka teman-teman akan mendapatkan semua yang dibutuhkan untuk menjadi seorang "Google Analytics Expert".

Related Posts

No comments:

Post a Comment