Tuesday, May 21, 2019

Kenapa Harus Menggunakan Google Analytics?

| Tuesday, May 21, 2019

Alasan Kenapa Harus Google Analytics

Kenapa harus Google Analytics? Bukannya setiap platform blog sudah dilengkapi dengan statistik pengunjung? Seperti WordPress dan Blogspot, sudah ada bawaan statistik pengunjung. Tidak harus ribet membuat akun dan instal. Bahkan jika platform Blogspot kita pasangi Google Analytics, pasti akan ada perbedaan statistik page view. Dan juga diluar sana banyak platform atau aplikasi statistik pengunjung lainnya. Apa yang membedakan Google Analytics dengan aplikasi statistik pengunjung lainnya? Bahkan ada aplikasi statistik pengunjung berbayar yang mampu membantu kita mendapatkan laporan analisa dari website kita.

Mungkin itu pertanyaan yang terlintas di benak temen-temen. "Kenapa Harus Google Analytics?". Ada banyak sekali alasan untuk menjawab kenapa harus Google Analsytics. Diantara alasan-alasan tersebut berikut beberapa alasan yang paling mendasar untuk menggunakan Google Analytics.


Perbedaan Page-view Bawaan Blog dengan Google Analytics

Salah satu contoh kasus pengguna platform Blogspot. Kadang kita udah seneng liat salah satu postingan kita di blog sudah mencapai 1.000 view, tetapi ketika kita cek laporan di Google Analytics ternyata postingan itu hanya 500 page view saja. Yaa, itu sangat mungkin terjadi jika temen-temen membandingkan tampilan pageview bawaan blog dengan laporan di Google Analytics. Apalagi jika temen-temen sendiri mengunjungi postingan itu sebanyak 500 kali. Kenapa bisa seperti itu?

Jujur, pasti temen-temen sehabis posting di blog langsung mencoba mengunjungi postingan itu. Mereview seperti apa tampilan postingannya di website, koreksi ada salah ketik (typo) atau enggak. Dan siapa yang mengunjungi postingannya sendiri lebih dari 1X setelah postingan terbit? Pasti ada diantara temen-temen yang bahkan sampai 3-4 kali mengunjungi hasil postingannya.

Bukan tidak boleh, rasa penasaran setelah kita menerbitkan postingan memang wajar. Dan kunjungan kita sendiri juga tidak akan berefek atau bermasalah dengan SEO kita. Akan tetapi, statistik pengunjung bawaan Blogspot akan tetap menghitung kunjungan kita sendiri. Selain itu statistik bawaan Blogspot juga tetap menghitung kunjungan spam bots sebagai tampilan halaman. Ada berapa banyak banyak spam bots di dunia maya? bisa temen-temen perkirakan sendiri.

Dan itu juga yang membuat kenapa bisa terjadi perbedaan yang signifikan untuk laporan Pageview bawaan Blog dengan Google Analytics. Kunjungan kita sendiri, spam bots, tidak akan dihitung sebagai pageview oleh Google Analytics. Semua itu tidak akan mempengaruhi keakuratan data dalam laporan Google Analytics.


Permintaan Vendor Selalu Laporan Google Analytics

Vendor atau pihak yang bekerja sama dengan situs temen-temen pasti selalu minta laporan berdasarkan Google Analytics. Tidak akan pernah ada vendor yang akan meminta laporan berdasarkan statistik pengunjung bawaan Blog.


Grab Data Laporan Google Analytics Lebih Mudah

Laporan di Google Analytics lebih mudah di grab dan di download daripada laporan bawaan Blog. Bahkan kita langsung custom laporan apa saja yang akan di download langsung di Google Analytics.


Informasi Lebih Lengkap di Google Analytics

Informasi yang diberikan Google Analytics lebih lengkap dan spesifik dibandingkan dengan tools lainnya. Sampai sekarang belum pernah ada Tools atau Platform Counter Stat lainnya yang mampu memberikan informasi selengkap Google Analytics.


Kemudahan Integrasi dengan Platform Google Lainnya

Google Analytics memberikan kemudahan untuk konfigurasi dan integrasi dengan Platform Google lainnya seperti, Google Ads, Google Adsense, Google Search Console, Google Page Speed Insight.


Support Langsung dari Google

Google Analytics merupakan Platform resmi Google. Tidak diragukan lagi support dukungan langsung dari Google. Selain itu Google Analytics juga aman untuk website temen-temen.


Google Analytics untuk Karir

Dewasa ini ada banyak sekali perusahaan yang membutuhkan karyawan yang mampu menggunakan Google Analytics. Beberapa lowongan pekerjaan itu divisi tertentu menerapkan syarat untuk mampu menggunakan Google Analytics. Tidak heran, karena ada banyak sekali perusahaan-perusahaan di luar yang menggunakan Google Analytics.


Google Analytics Masih Terus Dikembangkan

Sekali lagi, Google Analytics merupakan salah satu produk resmi Google. Google Analytics masih terus melakukan pengembangan untuk fitur-fitur menariknya. Akan selalu ada fitur baru yang akan sangat berguna untuk website atau bisnis online temen-temen.



Berikut beberapa alasan untuk menggunakan Google Analytics. Bukan hanya itu saja, masih ada banyak sekali alasan untuk menggunakan Google Analytics yang tidak bisa saya disebutkan satu-satu. Selama ini apapun informasi yang saya butuhkan terkait dengan website saya selalu bisa disediakan oleh Google Analytics. Semua tergantung bagaimana Anda menggunakan Google Analytics.

Related Posts

No comments:

Post a Comment